5 Persiapan Puasa Ramadhan 2021 di Tengah Pandemi

blogFlc 0

Oleh : Syafiq Robbani

(Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Sebi)

Bagi umat muslim, tentunya bulan Ramadhan adalah yang paling di tunggu-tunggu kehadirannya. Momen suci dan penuh kebaikan ini sebentar lagi akan hadir di 2021 dengan suasana pandemi virus corona. Karena itu persiapan Ramadhan kali ini pun akan berbeda dari tahun-tahun yang lalu.

Sekalipun begitu, bukan berarti kita melaksanakan Ramadhan ala kadarnya. Berikut beberapa tips mempersiapkan puasa di tengah pandemi yang di sarikan dari beberapa sumber.

  1. Doa dan Niat

Agar ibadah puasa kita penuh makna dan tetap istiqomah, maka doan dan niat adalah dua langkah paling utama yang perlu dilakukan. Dikutip dari About Islam, nabi Muhammad mengingatkan bahwa kedua hal tersebut hanya akan bermakna apabila seseorang berusaha ‘dekat’ dengan Tuhan

Itu sebabnya penting bagi setiap orang untuk meneguhkan niat pada bulan Ramadhan ini

  1. Mengatur waktu tidur

Penyesuaian ini tentu harus diikuti pergi tidur dengan lebih cepat, sehingga kita dapat bangun lebih awal dari biasanya dan memudahkan untuk menyiapkan segala sesuatu. Usahakan untuk mulai mempraktikkan sarapan lebih awal, ini sebagai persiapan untuk beradaptasi jelang ramadhan

  1. Menyiapkan Al quran saku

Menyimpan dan memiliki salinan Al-Quran adalah salah satu ide baik untuk menemani Ramadan. Al quran saku akan memudahkan dan praktis dibawa kemana-mana, hal ini tentu memudahkan mengisi waktu luang kita meski di tengah pandemi corona

  1. Terhubung dengan komunitas Muslim

Ramadhan perlu dijadikan momen membina hubungan antar-umat. Maka, kita bisa mencari komunitas agar bisa dijadikan pengingat untuk sama melakukan kebaikan di bulan penuh suci. Tentunya beluk bisa bertemu karena kebijakan pembatasan jarak, namun ada bisa melakukannya melalui Whatsapp dan media online. Bisa berbagi informasi, saling menyemangati, dan lain sebagainya.

  1. Senyum

Tersenyum dan selalu berpikiri positif dipercaya menjadi salah satu bentuk relaksasi yang mesti kita lakukan di tengah pandemi ini.

Percaya dan yakinkan diri anda bahwa Ramadhan 2021 ini akan menjadi kesempatan untuk terus meningkatkan iman. Anda juga dapat bertekad untuk meninggalkan kebiasaan buruk dan memulai kegemaran baru yang positif.

blogFlc
Author: blogFlc

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published.